Tingkatkan Engagement Akun Instagram dengan Mediakomen

Setelah diakuisisi oleh Facebook atau yang dikini dikenal dengan Meta, pamor Instagram rupanya semakin bersinar meskipun pesaingnya TikTok juga tak kalah tenar. Inovasi yang membuat posisi Instagram tetap solid adalah Reels yang memberikan kesempatan bagi pengguna setia untuk mengunggah video berdimensi vertikal dengan fitur yang lengkap sebagai langkah mengimbangi gerakan TikTok.

Pesona Instagram juga tetap mantap karena para pemilik usaha atau brand masih betah memanfaatkan platform mikroblog ini sebagai media mempromosikan produk, baik berupa barang maupun jasa. Instagram masih diandalkan karena kemampuannya dalam menampilkan visual yang memikat dalam bentuk grid yang unik. Foto cantik atau video pendek bisa dilengkapi caption agak panjang dibanding TikTok sehingga mampu memuat pesan sponsor.

Instagram masih eksis karena daya tarik visual app yang unik. (Gambar: pexels.com)


Kenapa komentar penting untuk Instagram?

Menurut data Napoleon Cat per Oktober 2021 ada setidaknya 91 juta pengguna aktif Instagram di Indonesia. Jika merujuk temuan DataReportal yang menunjukkan bahwa pengguna Internet Indonesia mencapai 204,7 juta per Januari 2022, maka persentase pengguna Instagram di Indonesia cukup besar yakni 44% atau hampir separuh warganet secara keseluruhan.  

Ini angka penting sebagai pijakan promosi atau digital marketing. Jika kita serius menggeluti promosi scara online, maka Instagram harus dipandang sebagai medsos yang dominan. Dalam sebuah kesempatan, Ainun Chomsun founder Akademi Berbagi yanag dikenal sebagai Digital Communications Expert pernah menuturkan bahwa selebgram Awkarin dibayar puluhan juta rupiah hanya untuk mempromosikan baju seharga Rp60 ribu. Selidik punya selidik, walau dengan satu post ternyata produk itu bisa laku hingga 10.000 pcs yang berarti produsen tetap untung.    


Namun untuk bisa menjadi selebgram atau socmed celebrity yang berpengaruh sehingga mampu menjual produk atau jasa sedahsyat itu, tentu dibutuhkan proses yang tidak gampang. Ada langkah-langkah yang harus dilalui, salah satunya membangun basis pengikut (follower) yang banyak dan kuat. Jadi bukan hanya banyak dari segi angka tapi harus militan dan setia, barulah akan berdampak positif sesuai harapan. 

Kesetiaan itu bisa dilihat dari komentar yang muncul pada setiap unggahan (post) di akun Instagram. Komentar menjadi penting sebab itu menunjukkan adanya dinamika salam sebuah akun. Dengan komentar yang banyak maka akun Instagram tersebut terbukti hidup dan dipelihara secara serius oleh pemiliknya.

Manfaat kedua komentar dalam akun Instagram adalah potensi bertambahnya follower. Meningkatnya pengikut memang dipengaruhi juga oleh konten yang kreatif, bukan hanya yang asal viral tapi ada manfaatnya bagi follower. Kadang dengan melihat komentar pada sebuah post, follower baru bisa berdatangan. 

Manfaat berikutnya jumlah pengikut dan komentar bisa membangkitkan kepercayaan brand yang mungkin ingin bekerja sama. Agency atau brand yang berburu talent untuk membantu mempromosikan suatu produk sangat mungkin meminang influencer dengan komentar yang berlimpah. Apalagi jika Instagrammer unya blog sebagai tandem promosi yang semakin mantap.    

Meningkatkan Engagement Rate

Tak heran jika pemilik akun berusaha sekuat tenaga untuk menambah follower dan memikat orang agar mau meninggalkan komentar. Selain memproduksi konten yang berkualitas, pemilik akun juga biasanya mengadakan giveaway supaya warganet tahu tentang keberadaan akunnya. Ada juga yang memanfaatkan Layanan Komentar Instagram sebagai cara untuk meningkatkan engagement sehingga akunnya terus terdongkrak di Instagram berkat like, comment, dan share yang sangat membantu.

ER Instagram yang bagus bisa membantu penjualan. (Foto: sirclo dotcom)

Engagement Rate (ER) yang tinggi menunjukkan partisipasi follower dalam sebuah konten atau Instagram feed, baik berupa foto maupun video. Pada akhirnya engagement ini bisa dikonversi menjadi penjualan produk atau jasa sesuai harapan sponsor atau brand yang bekerja sama.

Manfaat terakhir komentar pada sebuah Instagram post adalah munculnya bahan-bahan untuk perbaikan konten kita. Follower bisa memberikan insight untuk kita pertimbangkan dimasukkan dalam produksi konten berikutnya yang mereka sukai dan dibutuhkan sehingga akun Instagram kita semakin populer dan menguntungkan.      

Posting Komentar

0 Komentar