Resep Sayur Ketupat untuk Lebaran

Makan ketupat atau lontong tanpa sayur rasanya pasti gak lengkap. Sepanjang pengalaman saya, memasak sayur saat Lebaran termasuk momen yang epic banget. Heboh dan riweuh luar biasa, tapi ngangeni. Jelas riweuh karena kami masak minimal untuk 30 porsi ketupat. 

Momen inilah yang membuat saya merasa rindu luar biasa karena tak mungkin ada lagi. Apalagi ketika ibu dan bapak saya sudah tidak ada. Hanya mengingat mereka, hati ini langsung dilanda melow tak berkesudahan. Selain lontong buras yang saya rindukan, momen masak bersama sayur ketupat juga sangat berkesan. 

Lebaran di tempat tinggal baru kami saat ini memang sangat jauh berbeda rasanya. Mungkin selain sudah tak ada mama dan bapak, hal itu juga karena momen makan ketupat di tempat tinggal saya sekarang ditunda hingga seminggu setelah hari Raya Idul Fitri alias setelah puasa enam hari di bulan Syawal sehingga dikenal dengan sebutan Lebaran Kupat. 

Resep sayur ketupat lebaran sangat mudah dibuat tapi jelas nikmat.

Nah, daripada nunggu Lebaran dan ngelap air liur terus, mendingan kita coba bikin sayur ketupat ala Beranda Xibianglala aja. Jadi, pas Lebaran sungguhan tiba, sudah mahir deh memasak sayur ketupatnya. 

Bahan:

Kacang panjang 5 ikat dipotong-potong 1 cm
Labu siam 2 buah diiris-iris memanjang 
Ayam kampung 1/2 kg dipotong kecil sesuai selera
Kentang dipotong dadu dan digoreng
Tahu atau tempe dipotong dadu dan digoreng (saya biasa pakai 2 papan saja)
Pete satu lonjor dibelah-belah dua
Rambak (opsional)
Santan 1 lt dari setengah butir kelapa (saya lebih suka tidak terlalu kental)
Bawang goreng secukupnya

Bumbu:

Cabai merah besar 10 buah
Cabai keriting 5 buah
Cabai Jawa 10 buah atau sesuai selera pedasnya
Bawang merah 15 siung
Bawang putih 7 siung
Kemiri 5 butir
Merica 1/5 sendok teh
Udang kering (ebi) 1 sendok teh
Daun salam 4 lembar
Lengkuas 1 cm digeprek
Serai 2 batang
Gula merah 1 sendok makan
Garam secukupnya
Penyedap rasa (opsional) secukupnya

Cara membuat:

Haluskan seluruh cabai, bawang merah, bawang putih, kemiri, dan merica. Jika menggunakan blender, tambahkan minyak saat menghaluskan bumbu-bumbu tersebut. Setelah itu pindahkan bumbu halus ke wajan dan langsung tumis hingga harum dan matang. Sisihkan. 

Selanjutnya rebus air sebanyak kira-kira empat gelas menggunakan panci. Setelah airnya mendidih, rebus ayam hingga empuk. Setelah ayam empuk, masukkan labu siam. Setelah labu agak empuk, masukkan kacang panjang. Jika sudah empuk semua, masukkan bumbu halus, daun salam, lengkuas, serai, pete, dan aduk rata. 

Jika sudah mendidih, masukkan santan dan aduk rata jangan sampai pecah. Jika sudah mendidih, masukkan kentang, tempe atau tahu, rambak, gula merah, dan garam serta penyedap rasa. Aduk rata dan koreksi rasa. Jika sudah mendidih dan matang semua, matikan kompor dan taburi sayur dengan bawang goreng. Sayur pun siap disajikan. 

Sayur ketupat ini tambah lezat jika saat disajikan dilengkapi dengan opor atau semur plus emping melinjo. Bagaimana sayur ketupat khas di tempatmu? Sharing yuk. 

Posting Komentar

0 Komentar