Resep Wingko Keju KRAFT Quick Melt yang Bikin Hati Ikut Meleleh

AKHIR PEKAN ADALAH waktu yang ditunggu-tunggu oleh krucilku untuk bersama-sama membuat “kehebohan” di dapur. Ketika bunda mereka sudah mulai klutak-klutik mempersiapkan bahan-bahan masakan, baik untuk membuat camilan atau makan besar, dijamin suasana dapur berubah layaknya kemeriahan pesta. Apalagi jika saya bilang bahwa akhir pekan ini ingin membuat wingko rasa keju (lagi), mata mereka makin berbinar-binar bahagia. 

Wingko keju Kraft Quick Melt, cepat lelehnya, lumer di lidah gurihnya.

Krucil saya memang penggemar berat keju dan selalu happy jika bunda mereka bikin kreasi makanan yang berbahan makanan mengandung susu ini. Jika sudah berhubungan dengan keju, maka hal yang pertama kali berada dalam pikiran saya pasti produk KRAFT, termasuk KRAFT Quick Melt yang saya gunakan sebagai campuran dan topping wingko keju spesial kreasi saya ini. Masalah rasa, saya sudah membuktikan bahwa hanya keju KRAFT yang menjamin rasa keju pada wingko kreasi saya benar-benar gurih dan lezat serta memiliki paduan rasa manis, asin, dan gurih yang sempurna.

Si manis legit yang melelehkan hati

Ketika disebut kata “wingko”, satu hal yang terlintas dalam pikiran tentu saja adalah suatu jenis makanan atau camilan yang populer dari Semarang meskipun tanah kelahirannya ada di Lamongan. Jika ada yang belum kenal, bentuk potongan wingko ada yang persegi atau bundar, terbuat dari tepung ketan campur kelapa dan gula yang dipanggang sehingga rasanya manis dan gurih serta memberikan jumlah kalori yang lumayan sehingga meski kategorinya camilan, tetapi bisa cukup untuk mengganjal perut, terutama saat perjalanan. 

Wingko empat rasa: original, cokelat, talas, dan keju. (Foto: dok. pri)

Saat masih tinggal di Bogor beberapa tahun lalu, saya sering menerima pesanan dari sebuah katering di sebuah SDIT. Mereka pernah memesan lebih dari 2.000 buah wingko untuk camilan bagi para siswa sebagai selingan setelah makan siang. Dari empat varian yang sering kami buat (keju, cokelat, talas, dan original), anak-anak ternyata paling suka dengan rasa keju. “Nanti buatkan wingko rasa kejunya lebih banyak ya, Bunda. 

Enggak apa-apa harganya beda, yang penting rasanya enak seperti biasanya,” demikian ucapan kepala manajemen katering di SDIT yang mengadopsi sistem full-day school tersebut. Tentu saja yang hadir di hati saya adalah rasa senang sekaligus hampir tak percaya. Anak-anak pun ternyata suka wingko dan rasa yang paling mereka suka adalah keju!

Wingko pesanan siap dikirimkan (Foto: dok. pri)

Selain menerima pesanan dari katering SDIT tersebut, banyak pula teman atau sahabat yang memesan wingko buatan saya. Beberapa dari mereka memberikan apresiasi yang sangat membanggakan karena menyatakan bahwa wingko buatan saya itu adalah wingko paling enak yang pernah mereka cicipi. Bahkan saking sukanya, mereka memesannya lagi dan lagi. Saya tentu merasa senang dan bangga karena selain bisa melestarikan kuliner tradisi tanah kelahiran suami, pundi-pundi kami pun semakin banyak terisi.

Masak wingko bareng keluarga bikin akhir pekan tambah ceria

Wingko yang saya buat ini berasal dari resep ibu mertua dan merupakan resep tradisi turun temurun di kampung halaman suami saya, Lamongan. Meskipun kini wingko mulai jarang ditemukan, kecuali saat perayaan-perayaan tertentu, seperti resepsi pernikahan atau peringatan hari keagamaan, saya masih suka membuat makanan tradisional ini. 

Saya membuat wingko ini ditambah dengan sentuhan kreasi sehingga wingko bisa dinikmati oleh semua kalangan penikmat rasa yang berbeda-beda. Wingko pun ternyata bisa menjadi teman yang asyik untuk acara kumpul keluarga. Saat kumpul minum teh atau kopi bersama keluarga di pagi atau sore hari, wingko terasa sangat pas dikudap sebagai selingan mengobrol atau membaca buku. 

Kegiatan di dapur saat membuat wingko pun cukup seru saya lakoni bersama anak-anak karena langkahnya sangat mudah dan bahannya pun gampang ditemukan. Mengaduk adonan, memanggang atau menghias topping wingko memberi pengalaman mengasyikkan bagi krucil saya. 

Kegiatan menghias topping wingko kreasi ini juga memupuk kreativitas dan imajinasi mereka. Sering kali saya membebaskan mereka membentuk atau menghias wingko sesuai keinginan mereka. Kegembiraan yang terpancar di wajah mereka sulit untuk digambarkan dengan kata-kata. 

Rahasia wingko keju yang bikin nagih

Semua varian rasa wingko yang saya buat memiliki penikmat fanatiknya masing-masing. Banyak sahabat saya yang penasaran dengan resep dan ingin membuatnya. Mereka yang tempat tinggalnya berjauhan dengan saya tentu sulit untuk merasakan kenikmatannya secara langsung. 

Oleh karena itu, kali ini saya ingin membagi rahasia membuat wingko keju asalkan dengan satu syarat, yaitu harus menggunakan produk keju KRAFT Quick Melt karena inilah rahasia kelezatan wingko kejunya. 

Kelezatan wingko keju Kraft Quick Melt, makin sempurna dengan segelas teh tawar. (Foto: dok. pri)

Ada beberapa alasan saya begitu keukeuh untuk menggunakan keju produk KRAFT, terutama KRAFT Quick Melt. Produk keju Kraft Quick Melt ini memiliki rasa lezat dan gurih keju yang khas. Perpaduan keju KRAFT Quick Melt dengan rasa manis wingko membuatnya semakin kaya rasa dan menyatu sempurna di mulut. 

Tekstur KRAFT Quick Melt juga cepat leleh hanya dalam tiga menit sehingga proses memasak menjadi lebih singkat. KRAFT Quick Melt memiliki tekstur meleleh sempurna (tidak terlalu cair atau encer) sehingga sangat cocok untuk dijadikan campuran dan topping wingko keju. Ketika sudah dingin pun, lelehan kejunya akan tetap memberikan sensasi bentuk dan rasa yang sempurna.

Mau coba masak wingko keju? Ini dia resepnya!

Saya termasuk orang yang menikmati momen masak-memasak di rumah. Saya juga suka sesuatu yang simpel alias enggak mau pakai ribet. Ketika saya mengeksekusi suatu resep, saya pasti selalu berusaha mencari bahan yang mudah ditemukan dan menggunakan peralatan atau perabotan yang mudah didapat. Resep wingko keju Kraft Quick Melt ini sangat mudah dan siapa pun bisa membuatnya. Nah, makin penasaran kan? Cuuussss … kita siapkan bahan-bahannya dan markimas alias mari kita masak!

Bahan untuk bikin wingko lezat (Foto: dok. pri)


Bahan-bahan wingko: 

  • Tepung ketan ¼ kg 
  • Kelapa parut (yang biasa dibuat urap) 1 butir 
  • Gula pasir ¼ kg atau sesuai selera
  • Vanili 1 bungkus kecil
  • Garam ¼ sdt 
  • Air secukupnya (untuk mencampur adonan)
  • Keju Kraft Quick Melt parut 135 gram untuk campuran adonan
  • Keju Kraft Quick Melt parut/potong dadu secukupnya untuk topping
  • Pewarna makanan kuning secukupnya (jika suka)
  • Mentega untuk olesan di wajan
  • Wijen untuk taburan (jika suka)

Peralatan:

  • Wajan bundar atau wajan yang digunakan untuk memasak kue apem
  • Sudip kecil atau sendok
  • Kuas untuk mengoles mentega

Cara memasak:

  • Campurkan tepung ketan, kelapa parut, gula pasir, vanili, dan garam di dalam sebuah wadah.
  • Masukkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan spatula atau pengocok adonan hingga tercampur rata. Usahakan adonan tidak terlalu pekat atau terlalu encer.
  • Setelah tercampur rata, masukkan keju Kraft Quick Melt parut ke dalam adonan dan aduk rata kembali.
  • Masukkan pewarna makanan kuning (jika suka) 1-2 tetes atau sesuai selera. Aduk hingga tercampur rata. Untuk bagian ini saya lebih suka warna keju tetap alami atau tanpa pewarna.
  • Siapkan wajan di atas kompor dan panaskan dengan api kecil. Oleskan mentega di wajan menggunakan kuas hingga rata. 
  • Masukkan adonan kira-kira satu sendok makan ke dalam masing-masing lubang di wajan. Jika menggunakan wajan bundar yang besar, masukkan adonan tidak terlalu tebal atau terlalu tipis.
  • Jika suka, masukkan sepotong keju ke dalam masing-masing adonan dan tutup hingga tidak bocor. Inilah yang sering dilakukan krucilku, hahaha. Tidak ditambahkan keju lagi pun tidak apa-apa.
  • Tunggu hingga permukaan wingko bagian bawah berwarna kuning keemasan, lalu wingkonya dibalik menggunakan sudip kecil atau sendok.
  • Setelah semua wingkonya sudah dibalik, taburkan keju KRAFT Quick Melt di atas permukaan wingko. Tunggu hingga bagian bawah wingkonya berwarna kuning keemasan (matang) dan kejunya meleleh (enggak sampai 3 menit leleh loh).
  • Jika sudah matang dan keju meleleh, angkat wingkonya dan tata di atas piring (lebih cantik lagi apabila piringnya diberi alas daun pisang).
  • Sajikan wingko bersama teh tawar atau kopi dan nikmati selagi hangat. 

Benar-benar Quick Melt, 3 menit leleh dan gurih di lidah. 

Nah, benaran gampang kan bikin wingko keju KRAFT Quick Melt ini? Waktu bersantai bersama keluarga pasti makin lengkap bersama camilan ini. Acara kumpul keluarga untuk mengobrol, berkebun, menonton televisi/film, membaca buku, berkebun, atau sekadar beres-beres rumah pasti tambah seru dan semangat. 

Jika Sahabat memiliki rencana untuk mengadakan perjalanan, wingko keju KRAFT Quick Melt ini pun layak untuk menjadi teman selama bepergian. Rasa wingko yang gurih, legit, manis, dan lezat dengan lelehan keju di atasnya akan semakin meleleh di mulut dan menyajikan sensasi sedap bin ketagihan. Bahkan ketika disimpan atau sudah berangsur dingin, tekstur dan rasa keju wingko keju KRAFT Quick Melt masih akan tetap bertahan untuk memberikan kelezatan yang tidak berubah. 

Wah, jadi makin enggak sabar menunggu akhir pekan berikutnya nih. Yuk, sharing pengalaman memasak wingko keju KRAFT Quick Melt. Siapa tahu ada kreasi lain yang ikut melengkapi lezatnya wingko keju KRAFT Quick Melt ini. Saya tunggu ya ….

Komentar