Bola Sayur Kraft Quick Melt, Crunchy dan Gurihnya Bikin Akhir Pekan Keluarga Istimewa

SETIAP KALI membuat makanan untuk krucil saya, beberapa hal yang selalu saya tanamkan dalam pikiran: nutrisinya harus baik dan penampilannya bisa menerbitkan selera makan mereka! Jika sudah memerhatikan hal-hal itu, hampir semua makanan yang saya buat untuk mereka selalu melahirkan komentar yang membuat saya bungah

“Masakan Bunda kok selalu enak sih?” atau “Kapan Bunda masakin aku yang kayak kemarin lagi?” Apalagi jika mendekati akhir pekan, mereka akan sangat bersemangat untuk membantu bundanya mempersiapkan hidangan spesial akhir pekan. Bahkan saking semangatnya, mereka sering meminta ikut serta berbelanja ke pasar dan menyiapkan bahan-bahannya di dapur bersama saya.

Kelezatan bola sayur dengan KRAFT Quick Melt

Akan tetapi, beberapa bahan masakan sering kali pula saya simpan agar mudah dan cepat untuk dimasak, terutama ketika waktu yang tersedia cukup mepet. Salah satu yang menjadi rahasia hidangan lezat dan disukai anak-anak adalah bahan makanan yang mengandung susu dan keju. Ketika sarapan atau membuat bekal, bahan masakan ini menjadi kunci kelezatan dan selera para krucil. 

Untuk keju, produk KRAFT, terutama KRAFT Quick Melt menjadi favorit kami sekeluarga. Keju KRAFT senantiasa hadir ketika kami membuat roti sandwich, roti bakar, risoles pisang keju coklat, spageti, jasuke (jagung, susu, dan keju), dan lain-lain.

Garing legit si bola sayur keju yang lumernya cantik 

Jenis masakan yang menggunakan sayur sering kali membuat sebagian para orangtua merasa bingung, bahkan sedih. Banyak anak yang tidak mau makan dan melakukan gerakan tutup mulut (GTM) jika sudah mendengar kata “sayur” atau melihat tampilan sayur dalam hidangan yang disajikan pada mereka. Rasa yang sedikit langu dan tampilan yang tidak menarik dari sayuran sering membuat selera makan mereka menurun drastis sehingga menjadikan mereka menjadi pemilih makanan.

Wortel kaya vitamin A (Foto: pexels/mali maeder)

Berhubung saya sudah mempelajari dan mengenali kebiasaan makan krucil, maka saya berusaha untuk membuat makanan yang saya sajikan menarik selera dan memiliki rasa yang cukup lezat. Salah satunya mencampur sayuran dengan jenis makanan favorit mereka, apalagi kalau bukan keju?! Rasa keju yang gurih dan sedap akan menyamarkan bau langu dan rasa sayur yang (kadang) hambar. 

Untuk mengatasi tantangan semacam ini, kami menjadikan produk keju KRAFT, termasuk KRAFT Quick Melt sebagai andalan karena aroma dan rasa kejunya begitu segar. Anak-anak pun semakin semangat makan, termasuk sayur yang saya olah sedemikian rupa. Mereka tak bakal menyangka bahwa sayur mayur itu sudah menyamar dengan sempurna di dalam masakan tersebut, hahaha.

Kadang saya pun tersenyum sendiri ketika mereka bertanya tentang jenis sayur yang saya campur sesudah mencicipi hidangan yang saya buat. Rasa sayur yang tercampur begitu rupa bahkan membuat mereka ketagihan. Oleh karena itulah, kalangan keluarga besar kami sudah mengetahui bahwa krucil saya termasuk anak-anak yang menyukai berbagai jenis makanan. Kami pun tidak memerlukan suplemen penambah nafsu makan buat mereka. Ayah mereka bahkan berseloroh bahwa kami justru membutuhkan penurun nafsu makan. Ada-ada saja!

Yuk masak bola-bola sayur KRAFT Quick Melt yang crunchy dan gurih  

Salah satu yang menjadi favorit buah hati kami adalah hidangan bola-bola sayur. Mereka sering kali request untuk dibuatkan makanan untuk camilan sekaligus bisa dijadikan lauk-pauk ini. Jenis sayuran yang digunakan bisa bermacam-macam. Akan tetapi, kunci untuk menjadi rasanya crunchy dan gurih adalah komposisi yang seimbang antarbahan sehingga tidak terjadi dominasi sayur atas adonannya atau sebaliknya. 

Berhubung sayur-mayur yang digunakan dalam bentuk rajangan, maka kita perlu berhati-hati terutama jika melibatkan krucil. Anak-anak sangat bisa terlibat dalam proses memasak makanan ini, terutama anak-anak yang sudah terbiasa menggunakan peralatan dapur. 

Satu hal penting yang tidak boleh dilupakan: saya menggunakan keju produk KRAFT, terutama KRAFT Quick Melt untuk isian bola-bola sayurnya. Rasa lezat dan gurih keju yang khas pada produk keju Kraft Quick Melt ini menjadikan bola-bola sayur menjadi sangat gurih. Keju KRAFT Quick Melt yang disisipkan di dalam bola sayur membuatnya semakin legit dan laziiizzz …. 

KRAFT Quick Melt cepat meleleh hanya dalam tiga menit sehingga waktu memasak menjadi lebih singkat. KRAFT Quick Melt memiliki tekstur meleleh sempurna (tidak terlalu cair atau encer). Ketika sudah dingin pun, lelehan keju yang ada dalam bola-bola sayur tetap memberikan sensasi rasa yang tak berubah.

Nah, sepertinya air liur sudah mulai terbit. Jadi enggak sabar ingin segera membuat bola-bola sayur keju KRAFT Quick Melt kan? Baiklah, saya akan segera memberitahukan resep ini agar bisa segera dieksekusi buat sarapan, bekal, atau sekadar camilan di akhir pekan. 

Bahan-bahan:

  • Sayuran mentah (wortel, buncis, brokoli, jamur, dll) 
  • Bawang putih 3 siung
  • Lada bubuk ½ sdt
  • Daun bawang dua batang
  • KRAFT Quick Melt dipotong-potong ukuran dadu
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa (jika suka)
  • Tepung terigu 3 sdm atau secukupnya
  • Susu cair 150 ml
  • Tepung roti secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng 



Cara memasak:

  • Rajang sayur-mayur yang ingin dijadikan campuran bola-bola sayur.
  • Potong-potong keju seperti dadu untuk bakal isiannya.
  • Haluskan bawang putih, lada, bubuk, dan garam.
  • Siapkan wajah dan beberapa sendok minyak goreng. Panaskan dengan api sedang.
  • Tumis bumbu halus hingga harum dan tambahkan penyedap rasa (jika suka). 
  • Masukkan sayuran dan daun bawang, lalu aduk rata.
  • Bubuhkan tepung terigu hingga tercampur dengan seluruh sayuran secara merata.
  • Jika sudah rata, masukkan susu cair sedikit demi sedikit hingga membuat adonan mengental dan bisa dibentuk bola dengan sendok.
  • Jika adonan sudah rata, matikan api dan diamkan adonan hingga agak dingin.
  • Bentuk adonan menjadi bola-bola (saya menggunakan dua sendok). Tekan bagian tengahnya dan sisipkan sepotong keju, kemudian tutup rapat kembali adonan menjadi bola-bola yang rapi.
  • Balurkan seluruh permukaan bola sayur dengan tepung roti dan sisihkan.
  • Goreng semua bola-bola sayur hingga matang dan berwarna kuning keemasan.
  • Tata di piring saji atau kotak bekal. Sajikan bersama saus tomat dan saus sambal. 

Bola sayur KRAFT Quick Melt, camilan andalan akhir pekan (Foto: dok. pri)

Simpel banget kan cara bikin bola-bola sayur keju KRAFT Quick Melt ini? Rasa gurih berpadu dengan tekstur crunchy kulit si bola sayur dan lelehan keju KRAFT Quick Melt semakin menambah cita rasa lezat yang pasti bakal disukai oleh krucil. Para orangtua harus bersiap-siap karena berdasarkan pengalaman saya, satu bola sayur keju KRAFT Quick Melt ini tidak akan pernah cukup buat para krucil. 

Saya yakin akhir pekan ini bisa tambah seru dengan memasak bola-bola sayur ini bersama keluarga. Yuk, sharing pengalaman memasak bola-bola sayur keju KRAFT Quick Melt. Siapa tahu ada kreasi lain yang ikut melengkapi lezatnya keju KRAFT Quick Melt ini. Semangaaat!!!

Komentar